Jumat, 20 Juni 2008

Airport Information System

AIS adalah sebuah pelayanan yang diberikan atau disajikan oleh pelabuhan udara kepada pada publik, para penumpang, atau perugas pelabuhan udara mengenai informasi penerbangan, sedangkan informasi yang diberikan meliputi pembuatan jadwal harian atau jadwal mingguan, informasi real time operation (current day) dll yang disajikan untuk publik, para penumpang, petugas pelabuhan (staff), dan petugas CIQ, perusahaan penerbangan, jasa penggunaan sistem atau peralatan seperti CIS, FIDS, TIC, PAS (airport operation AP II)

General Information Functions adalah suatu unit yang berada di bawah devisi sisi darat dalam lingkungan bidang operasi bandara/ memberi informasi tentang :

  • PAC (Public Address Centre)
  • TIC (Telephone Information Centre)
  • PID (Public Information Desks)
  • VIP (VIP Infirmation Desk)

PAS, setiap perugas pada PAS melaksanakan pengumuman/ pemberitaan yang meliputi :

    1. Keberangkatan dan kedatangan pesawat
    2. Memberikan pengumuman-pengumuman khusus, seperti; panggilan bagi penumpang tertentu atas permintaan airlines
    3. Sistim yang digunakan dalam penyampaian pengumuman (B. Indonesia dan B. Inggris)
    4. Panggilan yang ditujukan untuk para passanger segera naik ke pesawat permintaan airlines/ ground handling.
    5. Pengumuman tentang keterlambatan/ DEL=delayed, PTP=postponed, CAN=cancelles, pada satu penerbangan.
    6. DIV=diverted (pangalihan)

TIC, informasi pemberian pelayanan penerbangan kepada pengguna jasa diluar bandar udara melalui sarana pesawat telepon, kegiatan meliputi : kepariwisataan dan penerangan umum.TIC bertanggungjawab untuk menjawab pertanyaan lewat telepon baik dari staf bandara ataupun dari public.

PID, dalam posisi kerja berada pada posisi pablik disetiap terminal baik keberangkatan-kedatangan.tugas :

  1. memberikan pelayanan penerbangan tentang penerbangan yang dibutuhkan oleh passanger maupun pengunjung
  2. melayani permintaan panggilan bagi public/ pengemudi (carcall)
  3. penyampaikan saran (keluhan) dari pengguna jasa bandar udara yang dimasukan pada kotak saran
  4. membantu mengawasi peralatan yang menghasilkan public informasi
  5. membantu mengawasi peralatan penunjang bagi pengguna jasa di bandar udara

Dalam melaksanakan tugas di PID di lengkapi dengan ;

  1. buke yang memuat jadwal/ rute penerbangan dari perusahaan penerbangan di dunia
  2. deily flight schedule yang beroperasi setiap hari baik yang berangkat dan datang di bandar udara
  3. time table (sebagai data info. Penerbangan) adalah jadwal penerbangan yang dibuat oleh perusahaan penerbangan
  4. staff TV yang disediakan komputer CIS yang merupakan perangkat komputer CIS untuk membantu petugas dalam melaksanakan tugasnya

Penggunaan PID terhadap AIS pada tugasnya :

    • petugas dapat mengetahui penggunaan dari ruang tunggu dari suatu penerbangan
    • data-datanya sama dengan alat monitor yang ada pada ruang petugas (alat monitor adalah STV)
    • dapat digunakan pada posisi PID keberangkatan untuk boarding lounge.

SOT/ AOC, adalah unit operasional yang menangani manajemen parking stand dan manajemen terminal, dimana airlines dan GHA mengontak untuk konfirmasi tentang informasi penerbangan.

Tugas, pengaturan lokasi parkir pesawat udara, alokasi penggunaan boarding lounge, alokasi penggunaan check in counter, conveyer belt, pengisian informasi keberangkatan/ kedatangan pesawat udara ke dalam sistem komputer dam pengisian informasi lainnya ke STV dan PTV.

Elemen data yang dikelola oleh AOC mencangkup :

  • all mandatory records in the daily flights table (tequired if adding a new flight)
  • parking stands
  • check in desk ranges allocated perdeparting flight
  • boarding gate
  • ETA (override the FDPS interface)
  • Actual landing (override the FDPS)

Arrival flight :

1. Nama perusahaan penerbangan.

2. No penerbangan.

3. Jadwal penerbangan.

4. Karakteristik ( domestik / internasional ).

5. Jenis pesawat.

6. Jenis penerbangan.

7. Terminal yang digunakan.

8. Kota asal dan persinggahan.

Departure flight :

1. Nama perusahaan penerbangan.

2. No penerbangan.

3. Jadwal penerbangan.

4. Karakteristik ( domestik / internasional ).

5. Jenis pesawat.

6. Jenis penerbangan.

7. Terminal yang digunakan.

8. Kota tujuan dan persinggahan.

Ø Isi data kedatangan ( Real Time Operation ) :

§ Perubahan jadwal penerbangan ( NST ).

§ Perkiraan waktu kedatangan ( ETA ).

§ Inisial sebelum pendaratan.

§ Signal sebelum pendaratan.

§ Parking stand yang dialokasikan.

§ Waktu keberangkatan.

Ø Isi data keberangkatan ( Departure ) :

Tugas dari SOT / AOC :

§ Perkiraan waktu keberangkatan.

§ Mengalokasikan ruang tunggu.

§ Mengalokasikan parking stands.

§ Mengalokasikan check-in desks.

AOC harus dapat :

§ Menambah atau mengedit secara manual semua record di dalam table daily flights.

§ Menambah atau menghapus sebuah flight lengkap ini dalam table daily flights.

§ Menyambung Arrival flight record dengan Departing flight record.

§ Menentukan tempat parkir pesawat udara (Parking Stand Allocation) untuk suatu flight dan apat merubah status informasi dari “planned” menjadi “confirmed”, tugas ini dilaksanakan 10 menit sebelum landing.

§ Mengidentifikasi flight secara visual yang membutuhkan konfirmasi Parking Stand Allocation melalui layar CCTV yang bukan bagian dari CIS.

§ Membuat alokasi boarding gate untuk suatu departure flight dan merubah status informasi dari “planned” menjadi “confirmed”, bila sudah dialokasikan maka pada tahap ini informasi actual ditampilkan pada public information display monitor, ditempatkan di pintu masuk boarding gate yang ditentukan.

§ Mengelola penempatan dan alokasi Check-in counters untuk suatu flight yang akan berangkat. Dalam hal ini alokasi check-in desk dapat saja didelegasikan kepada para carrier handler (airlines) dengan pengawasan AOC, untuk keperluan ini Handler atau airline membutuhkan PC workstation CIS.

§ Mengelola penempatan dan penggunaan Baggage Reclaim Belts untuk flight yang datang. Seperti halnya Check-in desks.

§ Mengelola situasi “Return to Stand” (RTS) untuk departing flights. Flights akan kembali ke stand setelah “Block-off” untuk melakukan loading dan boarding.

§ Menentukan dan mengelola particular data yang dimunculkan pada semua public displays.

§ Mengelola dan mendistribusikan message dari suatu flight atau message tertentu untuk diumumkan oleh kelompok kerja Public Address Center (PAC).

Tidak ada komentar: