Minggu, 11 Mei 2008

Required Navigation Performance (RNP)

Latar Belakang
  • Tindak lanjut dari pertumbuhan kegiatan penerbangan
  • Adanya peningkatan kebutuhan ruang udara
  • Optimalisasi penggunaan ruang udara
  • Efisiensi operasional tentang penggunaan direct routing dan menjaga ketepatan track

Definisi

  • Required Navigation Performance (RNP) : Kualitas dan derajat akurasi yang harus dipenuhi oleh suatu pesawat terbang untuk dapat beroperasi pada suatu wilayah yang telah ditentukan; atau
  • RNP adalah pernyataan suatu performance accuracy dari navigasi pada airspace yang telah ditentukan berdasar pada kombinasi navigasi sensor error, airborne receiver error, display error dan flight technical erros.
  • RNP dapat dilaksanakan dari tempat keberangkatan sampai pada pendaratan dengan rangkaian tahap-tahap penerbangan yang berbeda dengan menggunakan konsep terowongan (Tunel Concept).

Tunel Concept adalah membuat terowongan atau kriteria perlindungan wilayah udara berdasarkan pada kejadian dimana pesawat udara tidak akan meninggalkan terowongan tersebut.

Pencapaian Kinerja RNP ditentukan oleh dua faktor, antara lain :

  • Jarak Dalam NM
  • Tingkat Pengukuran Dalam %

Tipe RNP

  • RNP 1
  • RNP4
  • RNP10
  • RNP 12.6
  • RNP 20

RNP 1

Digunakan pada wilayah kontinental dengan tingkat kepadatan lalu lintas udara yang sangat tinggi dan memerlukan informasi traffic yang akurat.

RNP 4

Dapat diterapkan pada ATS route dan airspace yang mempunyai fasilitas navigasi berdasarkan VOR/DME dan biasanya pada kawasan kontinen .

RNP 10

Membantu mengurangi lateral dan longitudinal seperation minimum dan digunakan guna memperoleh efisiensi operasional pada oceanic dan remote area dimana kemampuan navigasi terbatas dan sesuai untuk struktur rute asia pacific.

RNP 12,6

Diterapkan pada remote area dengan fasilitas navigasi yang terbatas.

RNP 20

Digunakan dalam ruang udara yang dilewati pesawat dengan tingkat performa navigasi yang rendah.

Arti dari 1, 4, 10, 12.6, dan 20 adalah bahwa metode navigasi tersebut maksimal toleransi yang diperbolehkan tidak lebih dari 1,4,10, 12.6 dan 20 dari rute yang sebenarnya dari 95 % segmen penerbangannya.

RNP10 Separation

The Separation standards applicable for use by RNP10 approved aircraft within RNP10 airspace

  • Longitudinal : XX (Regional or State)

10 MINUTES

MACH NUMBER TECHNIQUE)

  • Lateral : 50 NM
  • Vertical : 2000 feet
  • Conditions : Both aircraft comply with RNP10 or better and are within RNP10

airspace

RNP10 Approval

RNP Approval dikeluarkan oleh :

Negara pemberi register or

Negara operator

RNP Approval ditunjukkan pada baris 10a

Pada Flight plan dengan menggunakan huruf ‘R’.

Penerapan RNP 10

Persiapan operasional dalam penerapan RNP 10

  • Penentuan ATS ROUTE
  • Pelatihan (Training)

- pelatihan untuk Flight crew

- pelatihan untuk ATC

  • Prosedur alternatif
  • Prosedur komunikasi

Airspace Requirement

  • Karakteristik ruang udara

Dalam Doc.9613-AN/937 dikatakan bahwa RNP dapat diterapkan pada jalur penerbangan tetap maupun jalur kontingensinya

  • RNP Area

RNP dapat diterapkan dalam suatu wilayah ruang udara dimana pemerintah dapat menentukan sendiri jenis RNP yang akan diterapkan didalamnya

  • Keandalan Fasilitas Navigasi

tersedianya fasilitas navigasi berupa VOR, DME dan NDB pada suatu wilayah ruang udara tertentu dapat menunjang keakurasian pesawat dalam menentukan posisinya

Aircraft Requirement

  • LORAN-C
  • VOR/DME
  • INS

Penentuan ATS Route

Penentuan ATS route yang akan dijadikan sebagai RNP 10 adalah ATS route yang mempunyai kepadatan lalu lintas udara paling tinggi yang diukur berdasarkan pengamatan atau survey

Pelatihan (Training)

  • Pelatihan untuk flight crew

- pengetahuan tentang penerapan RNP

- pemahaman tentang peralatan

- batasan-batasan dalam pengoperasian peralatan

- memperhatikan pemberian laporan posisi yang dibutuhkan ATC

- Memahami contigency procedure

  • Pelatihan Untuk ATC

- potensial penyimpangan dalam jenis RNP tertentu dalam sektor yang sama

- transisi antara jenis RNP pada area yang berbeda

- procedure radio telepony

- mempredeksi adanya konflik dan penanggulangan selama berada dalam jalur

penerbangan yang tidak dinyatakan sebagai RNP

Prosedur Alternatif

  • Dalam keadaan fasilitas RNP di udara tidak berfungsi dan menjadikan ia tidak layak terbang dengan RNP maka penerbang harus mengirimkan berita tenteng pembatalan status RNPnya. Kemudian diikuti dengan penyampaian secara lisan kepada ATC nya.
  • Dalam kondisi ini maka hal yang dilakukan mengacu pada prosedur emergency.
Prosedur komunikasi
  • Dalam penerapan RNP 10 tidak ada hal khusus dalan penggunaan Phraseology yang dipergunakan dalam komunikasi antara ATC dan penerbang. Phraseology tetap mengacu pada DOC.4444/ATM

Tidak ada komentar: