Minggu, 27 April 2008

Iklim Kerja Dalam Mendukung Prestasi Kerja Pemandu Lalu Lintas Udara Bidang Operasi Pelayanan Lalu Lintas Udara


Iklim yang bagaikan udara dalam ruangan, mempengaruhi semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan, baik itu motivasi, kepuasan, dan prestasi kerja pegawai. Iklim kerja organisasi pada Bidang Operasi Pelayanan Lalu Lintas Udara sangat tergantung kepada budaya organisasi itu sendiri. Iklim kerja yang memberikan rasa tenang kepada pemandu lalu lintas udara, akan membantu pemandu lalu lintas udara tersebut dalam meningkatkan prestasi kerjanya. Beberapa pemandu lalu lintas udara merasa iklim kerja yang menyenangkan apabila mereka dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menimbulkan perasaan yang senang. Kebanyakan pemandu lalu lintas udara menginginkan tanggungjawab dan kesempatan untuk berhasil.

Prestasi kerja pemandu lalu lintas udara pada dasarnya mencakup sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan hari ini harus lebih baik dari pada kehidupan kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Cara kerja hari ini harus lebih baik dari cara kerja kemarin, dan hasil yang dicapai besok juga harus lebih banyak atau lebih baik dari yang diperoleh hari ini. Sikap demikian membuat seseorang pemandu lalu lintas udara selalu mencari perbaikan-perbaiakan dan peningkatan-peningkatan apalagi didukung dengan iklim kerja yang baik. Pemandu lalu lintas udara dengan suasana tersebut membuat terdorong untuk menjadi dinamis, kreatif, inovatif serta terbuka, tetapi kritis kepada ide-ide baru dan perubahan-perubahan. Terbuka pada ide-ide baru perlu tidak diartikan sebagai tidak mempunyai pendirian. Sebaiknya bersifat hati-hati atau kritis terhadap pembaruan tidak perlu diartikan sebagai konservatif atau tertutup kepada perbaikan.

Secara umum prestasi kerja pemandu lalu lintas udara mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang dipergunakan. Peningkatan prestasi kerja pemandu lalu lintas udara merupakan pengertian relatif, melukiskan keadaan yang lebih baik dibandingkan dengansuatu keadaan sebelumnya.

Dengan iklim kerja yang menyenangkan dapat membawa suasana yang menyenangkan pula, dengan demikian para pemandu lalu lintas udara dalam bekerja akan mendapatkan suasana yang tentram sehingga dapat melakukan kegiatan dengan tenang pula. Hal tersebut akan meningkatkan prestasi kerja pegawai. Dengan demikian diduga terdapat hubungan antara iklim kerja dengan prestasi kerja pegawai. Dengan perkataan lain makin baik iklim kerjanyanya, maka makin tinggi prestasi kerja pemandu lalu lintas udara pada Bidang Operasi Pelayanan Lalu Lintas Udara .

Tidak ada komentar: