Senin, 14 April 2008

Air Traffic Flow Management Control (ATFM)


Air Traffic Flow Management(ATFM) adalah suatu pelayanan lalu lintas yang aman, teratur, cepat dan efisien dengan memastikan kapasitas pengatur lalu-lintas dan kapasitas bandar udara yang digunakan semaksimum/semaksimal mungkin, dan jumlah lalu lintas sesuai dengan kapasitas yang dideklarasikan oleh otoritas ATS (Air traffic Services). Tujuan ATFM dalam Human Factor In Air Traffic Control Digest No. 8 “ is not to control airborne aircraft but to minimaze delays by allocating departure slots and routes still on the ground “. Pada dokumen 9426 1.2.4.11, ATFM lebih diaplikasikan untuk menangani traffic flow yang ada di darat (ground) daripada yang diudara (in flight).

Eurocontrol mendefinisikan ATFM adalah upaya manajemen dalam rangka menjaga jumlah air traffic agar tidak pernah melebihi kapasitas sistem sehingga penundaan di udara (air delay) maupun penundaan di darat (ground delay) tidak melebihi dari toleransi delay yang diterima. Ketika kapasitas tidak dapat lagi menampung jumlah pergerakan (volume of air traffic) akan mengakibatkan penundaan penerbangan pada saat keberangkatan (take-off), in-flight holding, penggunaan level yang tidak ekonomis, pengubahan rute (re-routing) dan penyimpangan (diversions), hambatan rencana penerbangan, pengeluaran biaya operasi tinggi untuk bahan bakar. ATFM di gunakan untuk menyeimbangkan antara permintaan (traffic demand) dengan kemampuan kapasitas yang ada disuatu bandar udara dan ATFM ini harus di aplikasikan ketika di prediksikan permintaan (traffic demand) akan melebihi dari kapasitas yang ada disuatu bandar udara (doc 9426).

Tujuan dari pelayanan Air Traffic Flow Management (doc 9426) adalah :

a. Menjaga ATC (Air Traffic Controller) dari overload (kelebihan beban) yaitu dengan membatasi kapasitas yang ada.

b. Membuat lalu lintas udara (traffic flow) menjadi optimal dengan penggunaan terbaik dari kapasitas yang ada ketika permintaan (demand) meningkat atau di perkirakan akan meningkat.

c. Mengendalikan pergerakan pesawat dengan aman, teratur dan cepat sesuai dengan kapasitas yang ada.

Kapasitas ATC adalah jumlah maximum pesawat yang dapat ditampung/diterima dalam periode waktu yang ditentukan didalam ruang udara atau dilapangan terbang berdasarkan batasan yang ada di suatu bandar udara.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima Kasih pak... Sangat membantu dalam mencerahkan ilmu penerbangan, khususnya ke-ATC an. Donie-LLU6. amQ